Pada kegiatan tausiyah ramadhan PA Balige yang digelar tanggal 22 Mei 2018 yang lalu bertindak sebagai penceramah pada kesempatan kedua ini adalah Wakil Ketua PA Balige, Amrin Salim, S.Ag, M.A.

Tausiyah digelar setelah pelaksanaan sholat zuhur berjamaah di musolla PA Balige. Dalam tausiyah singkatnya penceramah mengangkat ayat kewajiban puasa Ramadhan yakni ayat 183 QS al-Baqarah dengan ayat 133-135 QS Ali Imran tentang ciri-ciri orang yang bertakwa.

Visi dan misi kewajiban puasa adalah untuk mencapai derajat/gelar muttaqin sebagaimana dijelaskan pada ayat 183 al Baqarah. Diantara karakter orang yang bertakwa (muttaqin) itu dijelaskan pada ayat 133-135 surah Ali Imran, yakni pertama, orang yang bertakwa suka berinfak baik dalam keadaan lapang maupun sempit, kedua, orang yang bertakwa mampu menahan amarah, ketiga, karakter ketiga memaafkan sesama manusia, keempat orang yang bertakwa itu segera bertaubat jika ia melakukan dosa atau kesalahan, segera mengingat Allah dan tidak meneruskan kesalahannya.

Maka untuk mengukur keberhasilan puasa kita maka apakah kita sudah memiliki indikator-indikator atau karakter-karakter seperti yang disebutkan di atas, jika setelah berakhirnya Ramadhan nanti kita jadi gemar berinfak, mampu mengendalikan emosi, mudah memaafkan orang lain, segera bertaubat dan menyesali  dosa yang pernah kita lakukan maka insya Allah itu adalah pertanda bahwa kita lebih dekat dengan takwa tanda berhasilnya puasa kita.  Namun apabila yang terjadi sebaliknya, maka kuatirlah kita bahwa puasa kita tidak mendapatkan apa-apa kecuali hanya haus dan dahaga saja.

Semuga kita dapat memanfatkan momentum puasa Ramadhan ini sebagai sarana untuk meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Hati dan amal perbuatan kita sangat menentukan kualitas ibadah puasa, karena ibadah puasa adalah merupakan ibadah kejujuran dan sangat berkaitan dengan aqidah muslim yakni bagaimana kita merasakan kehadiran Tuhan dalam diri kita sehingga apapun aktivitas yang kita lakukan akan selalu berada dalam pengawasan Tuhan, untuk itu marilah kita bertakwa dimanapun kita berada (ittaqullaha haisu ma kunta). (amsal). Isi lengkap ceramah Silahkan tonton vidio nya disini