Balige | www.pa-balige.go.id

Hari Selasa tanggal 26 Juli 2022 Pengadilan Agama Balige kedatangan Hakim Tinggi Pengawas Daerah dari Pengadilan Tinggi Agama Medan Drs. H. Jeje Jaenudin, M.S.I. dan PANMUD HUKUM PTA Medan Amrani, S.H., M.M. yang disambut oleh Ketua PA Balige, Wakil Ketua PA Balige didampingi Panitera dan Sekretaris.

Kedatangan Hakim Tinggi Pengawas Daerah tersebut dalam rangka melakukan pengawasan rutin di Pengadilan Agama Balige yang bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja Pengadilan Agama Balige sebagai Satuan Kerja yang berada dibawah Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Medan, sehingga tercipta suatu Peradilan yang Agung sebagaimana yang dicita-citakan dan terprogram dalam Blue Print MA-RI 2010 s/d 2035.

Pengawas kemudian langsung menuju ke Kantor Pengadilan Agama Balige guna melakukan pemeriksaan. Pemeriksaan dilakukan mengenai Management Peradilan, Administrasi Perkara Pidana & Perdata, Administrasi Persidangan Pidana & Perdata, Administrasi Umum, Pelayanan Publik dan Penerapan SIPP (IT) dan 11 Aplikasi Inovasi Badilag. Pemeriksaan dilaksanakan selama 1 hari penuh dan dilanjutkan dengan pembinaan.

Bertempat diruang sidang Ketua Pengadilan Agama Balige, Ramsyah Sihombing, S.H., M.H. melaporkan bahwa dalam pelaksanaan tugas di Pengadilan Agama Balige telah dilaksanakan dengan baik dimana seluruh pejabat baik fungsional dan Struktural telah melakukan pengawasan secara intern baik pengawasan secara melekat maupun pengawasan fungsional sesuai dengan bidang tugas yang telah diberikan masing-masing dan juga pengawasan yang telah dilakukan oleh Hakim pengawas bidang.

Selanjutnya Hati Wasda PTA Medan , Drs. H. Jeje Jaenudin, M.S.I. menyampaikan hasil pengawasannya bahwa pada umumnya semua tugas telah dilaksanakan dengan baik, pelaksanaan administrasi di Pengadilan Agama Balige sudah bagus dan mengapresiasi kinerja aparat Pengadilan Agama Balige walaupun ada ditemukan sedikit temuan-temuan diantaranya Penandaan Jalur Masuk dan Keluar Gerbang dirubah, Satpam harus sudah bersertifikat, PPNPN yang merangkap satpam harus tetap menggunakan seragam lengkap, Reward Untuk Pegawai yang Kinerjanya baik, Buku Tamu Online harus di berdayakan sebaik mungkin, Name Tag para pihak di perbaharui dan disesuaikan, ruang kuasa hukum tidak layak, petugas parkir tidak ada dan posisi kenderaan menghadap kejalan, ruang laktasi dan kesehatan dibenahi, penempatan Al-Qur’an bukan di Meja sidang,  Pengawas berharap agar temuan temuan tersebut untuk segera dilengkapi dan dibenahi dan berpesan agar kinerja yang telah berjalan selama ini dipertahankan dan ditingkatkan untuk kedepannya sehingga apa yang menjadi Visi dan Misi Mahkamah Agung dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat pencari keadilan dapat tercapai.

dilanjutkan oleh PANMUD HUKUM PTA Medan, Amrani, S.H., M.M. menyampaikan hasil temuannya MoU Perihal Pengumuman Gaib di media masa seperti Radio, Koran dll,  jika tidak harus buat SK ketua Pengadilan Agama Balige untuk penunjukkan Radio untuk melaksanakan pengumuman Pemanggilan Ghoib.

Saya sangat apresiasi atas kinerja PA Balige hampir diberbagai bidang telah terlaksana dengan baik, bahkan banyak inovasi yang dilakukan di intern PA Balige disamping melaksanakan inovasi badilag. Selanjutnya Ketua Pengadilan Agama Balige menyampaikan agar setiap pegawai Pengadilan Agama Balige untuk dapat menjadikan pedoman dan segera menindaklanjuti apa yang menjadi temuan dan arahan Hakim Tinggi Pengawas dari Pengadilan Tinggi Agama Medan.

Diakhir pemaparannya Drs. H. Jeje Jaenudin, M.S.I. menyampaikan terima kasih atas kesediaannya menerima dengan baik Tim Pengawasan dari Pengadilan Tinggi Agama Medan dalam melaksanakan tugas pengawasan dan acara diakhiri dengan foto bersama. (TIP)

Media Sosial

Jam Layanan

Jam Kerja

Senin s/d Kamis 

08.00 s/d 16.30 WIB

Jum'at  

08.00 s/d 17.00 WIB

 

Jam Istirahat

Senin s/d Kamis 

12.00 s/d 13.00 WIB

Jum'at  

11.30 s/d 13.00 WIB

 

TUTUP

Sabtu-Minggu & Libur Hari Besar