Rabu, 14/ 07/21, Pengadilan Agama Balige melaksanakan agenda rutin setiap hari Rabu yaitu Bimbingan Mental (Bintal) setelah sholat ashar berjamaah di Mushala Pengadilan Agama Balige. Adapun yang memberi bimbingan mental pada kesempatan ini adalah KASUBBAG Umum dan Keuangan Pengadilan Agama Balige, M. Adlika Ikhwan Nasution, S.H.I. dan moderator ialah KASUBBAG Kepegawaian & Ortala PA. Balige Fatimah Zahara, S.H.I

Acara Bintal ini pun dihadiri oleh seluruh Aparatur Pengadilan Agama Balige. dalam kegiatan bintal tersebut M. Adlika Ikhwan Nasution, S.H.I., menyebutkan bahwa sebentar lagi kita akan merayakan Idul Adha yang dibarengi dengan penyembelihan hewan Qurban. Penyembelihan hewan qurban ini dikisahkan didalam Al-quran tentang Nabi Ibrahim dan Putranya Nabi Ismail ( QS.Assoffat: 102-108)

Selain itu ada kisah yang lain didalam Al-Quran yaitu tentang persaingan sengit dua putera Adam A.S., Habil dan Qabil. Keduanya mencoba menarik perhatian Adam demi memperoleh apa yang diinginkannya. Kemudian Adam menguji mereka agar berqurban kepada Tuhan. “…Ketika kedua putera Adam mempersembahkan “qurban”, maka Allah menerima salah satu dari keduanya (Habil) dan menolak yang lainnya (Qabil). Ia berkata (Qabil), “Aku pasti membunuhmu!”.Kemudian Habil berkata, “Sesungguhnya Allah hanya menerima qurban orang-orang yang bertakwa”. (QS Al Maidah: 27)

Kisah tersebut memberi gambaran, bahwa walaupun banyak dan bagus suatu persembahan (qurban), jika tidak dilandasi dengan keimanan dan keikhlasan, maka tidak akan bernilai apa-apa dihadapan Allah SWT. Disinilah makna signifikan dari keikhlasan dan kesucian hati ketika berqurban. Oleh karena itu, kesadaran Rabbaniyyah atau kesadaran Rabbiyyah adalah persyaratan utama diterimanya suatu pengorbanan kepada Allah SWT. (Tim Redaksi PA.Balige).