Medan,21/04/21 (08.00 Wib), Bertempat di Hotel Madani Medan, Sekretaris PA. Balige, KASUBBAG Umum dan Keuangan PA.Balige,  dan PPNPN PA. Balige mengikuti Bimbingan Teknis Pengelolaan Barang Milik Negara ( Penggunaan dan Penghapusan ) Se-Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Medan.

PA. Balige mengikuti acara ini berdasarkan Surat dari Pengadilan Tinggi Agama Medan dengan nomor W2-A/1120/PP.01.3/IV/2021 tanggal 08 April 2021.

Acara ini dibuka oleh Wakil Ketua PTA Medan (H. Zulkarnain) dan  amanatnya pada acara tersebut menyampaikan, mengingat pentingnya acara bimtek Pengelolaan Barang Milik Negara maka tetap dilaksanakan dalam bulan Ramadhan, dan keadaan peserta pada umumnya sedang menjalankan ibadah puasa. Semoga suasana Ramadahan dan berpuasa tersebut, tidak menjadi kendala terselenggaranya acara ini. Justru harus dibuktikan, bahwa berpuasa tidak menjadi penghalang untuk menjalankan aktivitas. Sebagai seorang muslim, beraktivitas dalam keadaan berpuasa dapat dijadikan sarana pengendalian diri dan berprilaku jujur dalam merealisasikan program yang telah dirumuskan.

Selanjutnya Beliau menyampaikan semua BMN menghendaki pengelolaan yang baik oleh aparat yang ditunjuk. Pengelolaan yang baik dimaksudkan agar BMN tersebut diadministrasikan dan didokumentasikan dengan baik, dirawat dan dipelihara dengan baik. Jika seandainya tidak dapat dan atau tidak layak lagi digunakan, dihapus dengan prosedur yang ditentukan oleh peraturan perundang-undangan.

BMN diperoleh dan dirawat dengan angggaran negara, dipergunakan untuk tugas negara. Anggaran Negara dipergunakan untuk pengadaan dan pemeliharaan BMN. Dalam pengadaan BMN, Aparat Negara harus menggunakan anggaran Negara dengan sejujurnya, menghindari diri dari memperoleh keuntungan, gratifikasi, fee, suap dan korupsi. Bersikap seperti ini tidak mudah. Diperlukan integritas yang mumpuni dari pengelola keuangan Negara.

Pada kesempatan yang baik ini, perlu diingatkan bahwa kita dalam suasana SIAGA Zona Integritas, karena itu kesalahan sekecil apa pun harus kita hindari. Lakukanlah semua aktivitas kita dengan jujur, lengkapi dengan transparansi dan sempurnakan dengan kebersamaan. Insya Allah, bila semua kita, mulai dari pimpinan sampai staf, bertekad dan berkomitmen untuk berubah ke arah yang lebih baik, berat sama dipikul, ringan sama dijinjing, Insya Allah penghargaan ZI dari Menpan akan kita raih.

Selanjutnya yang paling penting dilakukan oleh peserta BIMTEK ialah peserta wajib mematuhi protokol kesehatan penanganan Covid-19 seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. (Tim Redaksi PA. Balige)