Are you a member? sign in or take a minute to sign up

Cancel
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Agama Balige

Jalan Balige-Laguboti Km 5, Desa Lumban Pea Timur Tambunan, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara 22315

Valid XHTML 1.0! Valid XHTML 1.0! Valid XHTML 1.0!

D. Proses Persidangan

D. Proses Persidangan

NO

URAIAN KEGIATAN

UNIT/PEJABAT PELAKSANA

WAKTU

KET

D

PROSES PERSIDANGAN

 

1

Proses Persidangan

a

Pemberian nomor antrian sidang.

Petugas Meja Informasi

3 menit

 

b

Persiapan kelengkapan ruangan sidang.

Panitera Pengganti

5 menit

 

c

Pemeriksaan para pihak sebelum memasuki ruang sidang dengan alat metal detector.

Satpam

5 menit

 

d

Pengunjung berdiri pada saat Majelis Hakim memasuki ruangan sidang.

Panitera Pengganti

2 menit

 

e

Sidang dibuka dan dinyatakan terbuka untuk umum .

Hakim

3 menit

 

f

Sidang dalam perkara perceraian dinyatakan tertutup untuk umum.

Hakim

3 menit

 

g

Pemeriksaan para pihak.

Hakim

30 menit

 

h

Penutupan Sidang.

Hakim

3 menit

 

 

2

Proses Mediasi tingkat pertama

a

Pemberian informasi tentang prosedur mediasi.

Hakim

5 menit

 

b

Pemilihan mediator oleh para pihak.

Hakim

5 menit

 

c

Penetapan Mediataor oleh Ketua Majelis.

Hakim

5 menit

 

d

Pelaksanaan mediasi.

Hakim/Mediator

60 menit

 

e

Melaporkan hasil mediasi kepada Majelis Hakim.

Mediator

5 menit

 

 

3

Pengembalian Sisa Panjar Biaya Perkara

a

Menghitung biaya perkara yang dipergunakan dan berapa sisa biaya perkara.

Kasir

5 Menit

 

c

Menyerahkan sisa panjar perkara kepada pihak Penggugat/Pemohon.

Kasir

5 Menit

 

d

Membukukan tersendiri sisa panjar biaya perkara yang belum diambil Pemohon/ Penggugat.

Kasir

5 Menit

 

e

Memberitahukan kepada Pemohon/ Penggugat yang belum mengambil sisa panjar biaya perkara dengan surat, papan pengumuman dan website untuk mengambil sisa panjar tersebut, apabila tidak diambil dalam jangka waktu 6 (enam) bulan, maka sisa panjar biaya perkara disetor ke Kas Negara sebagai uang tidak bertuan.

Panitera dan Petugas IT

15 menit

 






Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi?

Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Januari 2011 telah menerbitkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan. Selanjutnya

Bagaimana Tata Cara mengajukan Pengaduan?

Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 076/KMA/SK/VI/2009 Tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan Di Lingkungan Lembaga Peradilan) Disampaikan secara Tertulis Pengaduan hanya dapat diterima. Selanjutnya

 

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

Sebagaimana Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan, Pengadilan Agama Balige memberikan layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu yang meliputi Layanan Pembebasan Biaya Perkara, Sidang di Luar Gedung Pengadilan. Selanjutnya