Are you a member? sign in or take a minute to sign up

Cancel
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Agama Balige

Jalan Balige-Laguboti Km 5, Desa Lumban Pea Timur Tambunan, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara 22315

Valid XHTML 1.0! Valid XHTML 1.0! Valid XHTML 1.0!

PA BALIGE AKHIRNYA “CLOSING MEETING”

PA BALIGE AKHIRNYA “CLOSING MEETING”

Setelah melaksanakan rangkaian tugas assesmen di PA Balige mulai dari telaah dokumen, telusur berkas, observasi sarpras dan wawancara, sejak tanggal 23 Mei 2018 yang lalu, Tim Assesor Ekternal dari Badilag, pada hari Kamis tanggal 24 Mei 2018 tepat pada pukul 11.44, akhirnya merampungkan semua rangkaian pemeriksaan dan assesmen di PA Balige dan langsung menggelar closing meeting di ruang rapat PA Balige untuk menyampaikan ketidaksesuaian (temuan-temuan) dari hasil assesmen.

 

Closing Meeting yang dihadiri oleh seluruh tim SAPM PA Balige, dibuka langsung oleh Ketua PA Balige, M. Shalahuddin Hamdayani, SH, MH, sekaligus menyampaikan kata sambutan berkaitan dengan telah berakhirnya assesmen. Dalam sambutannya Ketua menyampaikan ucapan terimakasih kepada Tim Assesor yang tanpa lelah sedikitpun, meski dalam keadaan puasa, telah melakukan tugasnya dengan baik dan lancar. Selain itu Ketua mewakili PA Balige juga menghaturkan permohonan maaf apabila penyambutan terhadap Tim masih banyak kekurangan. Disela-sela sambutannya Ketua juga menghimbau kepada keluarga besar PA Balige agar tetap menjaga semangat SAPM tanpa pamrih bukan karena takut pimpinan atau takut mutasi namun tidak lain dalam rangka tanggung jawab sebagai aparat peradilan dan juga sebagai implementasi keimanan kita sebagai muslim.

Drs. H. Andi Kurniawan, MM, sebagai lead asessor, menyampaikan apresiasi yang cukup tinggi atas semangat dan kerjasama yang ditunjukkan PA Balige dan semuga ini bisa dipertahankan. Namun, ada sejumlah catatan atau ketidaksesuaian yang perlu segera diperbaiki, ketidaksesuaian tersebut telah direkap dalam perencanaan perbaikan dan telah diserahkan kepada Ketua PA Balige sebagai top menajemen. Dan hasil perbaikan ini nantinya akan berguna ketika tim komite asessmen eksternal melakukan surveillance pada masa yang akan datang. Namun ada beberapa poin penting yang perlu menjadi perhatian yakni seluruh dokumen SAPM harus disusun secara rapi dan runut, selain itu manual mutu sebagai kitab suci SAPM dan kebijakan mutu harus terus disosialisasikan kepada seluruh pegawai. Lead menyampaikan bahwa hasil akhir penilaian terhadap PA Balige saat ini belum bisa diumumkan karena harus menunggu rapat komite asessor, karena rapat inilah yang akan menentukan penilaian berdasarkan hasil asessmen tim asessor eksternal.

Dalam pada itu, Drs. Kurthubi, MH, disamping sebagai pendamping asessor eksternal juga sekaligus sebagai Panitera PTA Medan, juga turut menyampaikan pesan Ketua PTA Medan yakni SAPM ini bukanlah titik akhir, namun ia merupakan titik awal untuk melakukan perubahan. Untuk itu diharapkan agar PA Balige tetap menjaga semangat dan kekompakan terutama sekali kekompakan 4 (empat) pilar yang terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris.

Selanjutnya untuk mengambil berkah, acara ini kemudian ditutup dengan doa yang dipandu oleh salah seorang hakim PA Balige, Saleh Umar, S.HI. kepada Tim Asessor Eksternal, selamat melanjutkan perjalanan berikutnya ke PA Simalungun semuga hasil asessmen PA Balige dapat segera diperbaiki dan ditindaklanjuti. Last but not least, (terakhir namun tak kalah pentingnya) semuga PA Balige bisa terakreditasi dan mendapatkan hasil yang terbaik, dan terus dapat mempertahankan kesinambungan SAPM, itulah harapan kita bersama. (amsal)

 







Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi?

Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Januari 2011 telah menerbitkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan. Selanjutnya

Bagaimana Tata Cara mengajukan Pengaduan?

Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 076/KMA/SK/VI/2009 Tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan Di Lingkungan Lembaga Peradilan) Disampaikan secara Tertulis Pengaduan hanya dapat diterima. Selanjutnya

 

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

Sebagaimana Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan, Pengadilan Agama Balige memberikan layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu yang meliputi Layanan Pembebasan Biaya Perkara, Sidang di Luar Gedung Pengadilan. Selanjutnya