Are you a member? sign in or take a minute to sign up

Cancel
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Agama Balige

Jalan Balige-Laguboti Km 5, Desa Lumban Pea Timur Tambunan, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara 22315

Valid XHTML 1.0! Valid XHTML 1.0! Valid XHTML 1.0!

PA BALIGE KEDATANGAN TIM ASSESOR EKSTERNAL

PA BALIGE KEDATANGAN TIM ASSESOR EKSTERNAL

Balige/Rabu 23 Mei 2018

Berkaitan dengan telah dicanangkannya sistem manajemen mutu (SAPM) di lingkungan Peradilan Agama, maka pada hari rabu tanggal 23 Mei 2018 tim asssesor eksternal mulai menggelar assesment di Pengadilan Agama Balige. Seluruh pegawai, hakim, staf dan cakim, tenaga honorer kelihatan sibuk mempersiapkan segala sesuatu untuk menghadapi assessmen yang dilakukan Tim Assesor Eksternal. Pengawasan kali ini dilakukan secara serempak berdasarkan Surat Tugas dari Dirjen Badilag Nomor 1233/DjA/OT.013./5/2018 tanggal 7 Mei 2018.

Adapun tim assesment yang bertugas di PA Balige adalah terdiri Lead Assesor Drs. H. Andi Kurniawan, M.M, Pendamping terdiri dari Bapak Drs. Kurthubi, SH, MH (Panitera PTA Medan) dan Syarwani, SH, MH. Sedangkan rangkaian agenda yang akan digelar mulai tanggal 23 Mei 2018 s.d selesai diperkirakan tanggal 25 Mei 2018 yakni rapat pembukaan (opening meeting) yang diawali dengan yel yel SAPM PA Balige yang dipandu oleh Ketua SAPM, Amrin Salim,S.Ag, MA dan langsung dibuka oleh Ketua PA Balige, M. Shalahuddin Hamdayani, SH, MA dengan menyampaikan visi dan misi PA Balige serta gambaran umum tentang SAPM PA Balige, kemudian dilanjutkan dengan perkenalan dari Tim Assessor sambil menyampaikan tahap-tahap assessmen yang terdiri dari telaah dokumen, telusur dokumen implementasi dan penilaian sarpras serta pada tahap akhir nanti akan digelar rapat penutupan (closing meeting).

Selanjutnya setelah acara seremoni dibuka, maka Tim Assesor langsung berbagi tugas dengan memeriksa dokumen kepaniteraan, kesekretariatan, manajemen. dan sarpras. Tim Assesor Eksternal, meski terlihat lelah setelah menyelesaikan tugas assesmen sebelumnya di PA Sibolga dan Pandan, namun dengan semangat dan teliti memeriksa objek-objek assesmen dengan dibantu oleh pegawai, staf atau honorer menyediakan apa-apa yang diminta oleh assesor.

Semoga hasil assesmen nantinya akan mendapat skor atau penilaian yang terbaik dari Tim Assesor Eksternal dan diharapkan PA Balige dapat terakreditasi dan selanjutnya dapat terus meningkatkan secara berkesinambungan apa yang menjadi tujuan dari SAPM itu sendiri yakni meningkatnya kinerja dan pelayanan kepada pencari keadilan lebih baik dan berkualitas lagi kedepannya, Aamiin. (amsal)







Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi?

Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Januari 2011 telah menerbitkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan. Selanjutnya

Bagaimana Tata Cara mengajukan Pengaduan?

Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 076/KMA/SK/VI/2009 Tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan Di Lingkungan Lembaga Peradilan) Disampaikan secara Tertulis Pengaduan hanya dapat diterima. Selanjutnya

 

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

Sebagaimana Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan, Pengadilan Agama Balige memberikan layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu yang meliputi Layanan Pembebasan Biaya Perkara, Sidang di Luar Gedung Pengadilan. Selanjutnya