Are you a member? sign in or take a minute to sign up

Cancel
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Agama Balige

Jalan Balige-Laguboti Km 5, Desa Lumban Pea Timur Tambunan, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara 22315

Valid XHTML 1.0! Valid XHTML 1.0! Valid XHTML 1.0!

BINWAS PTA. MEDAN DI PA BALIGE

BINWAS PTA. MEDAN DI PA BALIGE

Tobasa – Selasa/ 24 April 2018, Pengadilan Agama Balige kedatangan tamu dari PTA. Medan untuk melaksanakan Pembinaan dan Pengawasan (BINWAS), Pelaksanaan BINWAS selama 2 (dua) hari yaitu pada tanggal 24 s/d 25 April 2018. Hal ini senada dengan surat Ketua PTA. Medan Nomor W2-A/1017/PS.01/IV/2018, pada tanggal 17 April 2018 tentang Pelaksanaan BINWAS 2018.

Pelaksanaan BINWAS di PA. Balige berdasarkan surat tugas Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan Nomor W2-A/974/KP.04.6/IV/2018 tanggal 11 April 2018 dengan menugaskan :

  1. H. Abd. Latif, M.H (Hakim Utama Muda PTA. Medan) sebagai Ketua tim.
  2. Parluhutan, S.H. (Panitera Pengganti PTA. Medan) sebagai anggota.

Pada hari pertama pengawasan dilaksanakan dengan tertib pada setiap bidang (Administrasi Persidangan, Kepaniteraan dan Kesekretariatan) sesuai dengan instrument pengawasan tahun 2018 yang mengacu pada Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM).

Pelaksanaan ekspose dari hasil pengawasan dilaksanakan pada hari kedua, Ekspose dibuka langsung oleh Ketua PA. Balige Muhamad Shalahudin Hamdayani, S.H.,M.A sekitar pukul 11.00 Wib di ruang rapat PA. Balige. Ucapan terimakasih kepada tim yang telah datang di PA. Balige dalam melaksanakan Binwas dan memperkenalkan setiap aparatur dan wilayah yurisdiksi PA. Balige.

Ketua tim Binwas Drs. H. Abd. Latif, M.H dalam bimbingan dan arahananya menyampaikan bahwa pada prinsipnya pelaksanaan Administrasi Persidangan, Kepaniteraan dan Kesekretariatan sudah BAIK, sesuai dengan aturan yang ada dan Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM).

Ketua tim menyampaikan 3 (tiga) point penting yang harus dilaksanakan untuk meningkatkan kewibawaan dan pelayanan terhadap masyarakat pencari keadilan. Yaitu :

  1. Meningkatkan performance pada diri sendiri, sarana prasarana pelayanan publik dan kebersihan lingkungan kantor.
  2. Meningkatkan produktifitas kinerja sesuai dengan porsi masing-masing.
  3. Menyelesaikan tertib manajemen (putusan) perkara.

Parluhutan, S.H menyampaikan bahwa administrasi Manajemen, Kepaniteraan dan Kesekretariatan sudah BAIK menuju kesempurnaan dan sesuai dengan instrument Binwas tahun 2018 yang mengacu pada Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM), namun tidak dapat dipungkiri bahwa masih ada temuan kecil dalam pelaksanaan Binwas tahun 2018.

Akhirnya, ekspose ditutup sekitar pukul 12.00 Wib oleh Ketua PA. Balige dengan tekat untuk memperbaiki temuan yang ada pada tahun ini demi penyempurnaan di tahun yang akan datang. (#mzmp)







Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi?

Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Januari 2011 telah menerbitkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan. Selanjutnya

Bagaimana Tata Cara mengajukan Pengaduan?

Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 076/KMA/SK/VI/2009 Tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan Di Lingkungan Lembaga Peradilan) Disampaikan secara Tertulis Pengaduan hanya dapat diterima. Selanjutnya

 

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

Sebagaimana Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan, Pengadilan Agama Balige memberikan layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu yang meliputi Layanan Pembebasan Biaya Perkara, Sidang di Luar Gedung Pengadilan. Selanjutnya