KETUA PTA. MEDAN MELAUNCHING APLIKASI PENDAFTARAN SECARA ONLINE DI PA. BALIGE

Tobasa, Kamis/ 11 Januari 2018, pukul 08.30 Wib Pengadilan Agama Balige mendapat kunjungan  Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan. Kunjungan ini dilaksanakan untuk menjalin shilaturrahhim kepada aparatur Pengadilan Agama Balige dan untuk melaunching aplikasi pendaftaran perkara online di PA. Balige. Kunjungan tersebut disambut hangat oleh aparatur Pengadilan Agama Balige.

Description: G:\IMG_2798.JPG

 

Kunjungan shilaturrahim dan launching aplikasi pendaftaran online dibuka langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Balige Muhamad Shalahudin Hamdayani,S.H.,M.A dan sekaligus memperkenalkan personil aparatur Pengadilan Agama Balige kepada Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan.

Ketua Pengadilan Agama Balige menjelaskan bahwa dengan keterbatasan personil, Pengadilan Agama Balige tetap semangat dan bertanggungjawab untuk melaksanakan pekerjaan rutinitas sesuai dengan tugas pokok dan fungsi pada setiap unit kerja. “meskipun dengan keterbatasan personil, setiap laporan dapat dilaksanakan sesuai waktu yang ditentukan” ungkap Shalahudin.

 

Ketua Pengadilan Agama Balige menambahkan bahwa Pengadilan Agama Balige telah memiliki inovasi untuk memberikan pelayanan prima bagi masyarakat pencari keadilan yaitu terdiri dari Aplikasi Pendaftaran Perkara Online yang digagasi oleh salah satu pegawai yang telah mengikuti pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat IV tahun 2017, dan inovasi Aplikasi Tata Naskah Dinas untuk mempermudah kinerja bagian umum.

Description: G:\IMG_2823.JPG

Kepala Sub Bagian Perencanaan, TI dan Pelaporan M. Zaki Mubarok Panjaitan, S.H.I.,M.H mempresentasikan inovasi aplikasi pendaftaran perkara online. Zaki menjelaskan bahwa Asas Undang-Undang Nomor 48 tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman pada pasal 2 ayat (4) secara Das sollen (Law in book) bahwa peradilan dilakukan dengan sederhana, cepat, dan biaya ringan. Sehingga dapat diharapkan meningkatkan pelayanan publik.

 

Kondisi PA. Balige secara Das Sein (law in action) belum terwujud dikarenakan sulit, biaya mahal dan waktu lama berurusan di PA. Balige. Hal ini dikarenakan mayoritas muslim berada pada daerah yang jauh (menyebrangi danau toba) dan melewati jalan darat yang rusak berat, sehingga masyarakat pencari keadilan mengeluarkan biaya transportasi dan waktu yang lama untuk berurusan di PA. Balige. Pada daerah tersebut sudah memiliki warung internet (warnet) untuk mengkases informasi melalui jaringan internet. Untuk menjawab permasalahan tersebut dibuat inovasi pendaftaran perkara online yang bisa diakses pada website pa-balige.go.id.

 Sekretaris Pengadilan Agama Balige Muliadin, S.H mempresentasikan inovasi Aplikasi Tata Naskah Dinas untuk pengelolaan surat masuk dan keluar secara digital.

 

Description: G:\IMG_2855.JPGKetua PTA. Medan mengapresiasi terhadap inovasi dan kinerja yang dilakukan aparatur PA. Balige. “Meskipun dengan keterbatasan personil aparatur tetapi memiliki kinerja yang baik dan dapat diselasaikan dengan tepat waktu, ditambah dengan inovasi yang dilakukan untuk meningkatkan pelayanan masyarakat pencari keadilan”. Ungkap ketua PTA.Medan Dalam Bimbingan arahan dan sekaligus melaunching kedua aplikasi tersebut.

Akhirnya, kunjungan shilaturrahim ditutup denga do’a oleh Hakim Saleh Umar, S.H.I, dengan mengharap ridho dan keberkahan Alloh serta diberikan keselamatan dan kesehatan untuk  dapat bershilaturrahim kembali di Pengadilan Agama Balige, selesai acara dilanjutkan foto bersama. #mzmp.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *