Are you a member? sign in or take a minute to sign up

Cancel
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Agama Balige

Jalan Balige-Laguboti Km 5, Desa Lumban Pea Timur Tambunan, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara 22315

Valid XHTML 1.0! Valid XHTML 1.0! Valid XHTML 1.0!

KETUA PTA. MEDAN MELAUNCHING APLIKASI PENDAFTARAN SECARA ONLINE DI PA. BALIGE

KETUA PTA. MEDAN MELAUNCHING APLIKASI PENDAFTARAN SECARA ONLINE DI PA. BALIGE

Tobasa, Kamis/ 11 Januari 2018, pukul 08.30 Wib Pengadilan Agama Balige mendapat kunjungan Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan. Kunjungan ini dilaksanakan untuk menjalin shilaturrahhim kepada aparatur Pengadilan Agama Balige dan untuk melaunching aplikasi pendaftaran perkara online di PA. Balige. Kunjungan tersebut disambut hangat oleh aparatur Pengadilan Agama Balige.

Girl in a jacket
Kunjungan shilaturrahim dan launching aplikasi pendaftaran online dibuka langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Balige Muhamad Shalahudin Hamdayani,S.H.,M.A dan sekaligus memperkenalkan personil aparatur Pengadilan Agama Balige kepada Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan.
Ketua Pengadilan Agama Balige menjelaskan bahwa dengan keterbatasan personil, Pengadilan Agama Balige tetap semangat dan bertanggungjawab untuk melaksanakan pekerjaan rutinitas sesuai dengan tugas pokok dan fungsi pada setiap unit kerja. “meskipun dengan keterbatasan personil, setiap laporan dapat dilaksanakan sesuai waktu yang ditentukan” ungkap Shalahudin.
Girl in a jacket
Ketua Pengadilan Agama Balige menambahkan bahwa Pengadilan Agama Balige telah memiliki inovasi untuk memberikan pelayanan prima bagi masyarakat pencari keadilan yaitu terdiri dari Aplikasi Pendaftaran Perkara Online yang digagasi oleh salah satu pegawai yang telah mengikuti pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat IV tahun 2017, dan inovasi Aplikasi Tata Naskah Dinas untuk mempermudah kinerja bagian umum.
Kepala Sub Bagian Perencanaan, TI dan Pelaporan M. Zaki Mubarok Panjaitan, S.H.I.,M.H mempresentasikan inovasi aplikasi pendaftaran perkara online. Zaki menjelaskan bahwa Asas Undang-Undang Nomor 48 tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman pada pasal 2 ayat (4) secara Das sollen (Law in book) bahwa peradilan dilakukan dengan sederhana, cepat, dan biaya ringan. Sehingga dapat diharapkan meningkatkan pelayanan publik.

Kondisi PA. Balige secara Das Sein (law in action) belum terwujud dikarenakan sulit, biaya mahal dan waktu lama berurusan di PA. Balige. Hal ini dikarenakan mayoritas muslim berada pada daerah yang jauh (menyebrangi danau toba) dan melewati jalan darat yang rusak berat, sehingga masyarakat pencari keadilan mengeluarkan biaya transportasi dan waktu yang lama untuk berurusan di PA. Balige. Pada daerah tersebut sudah memiliki warung internet (warnet) untuk mengkases informasi melalui jaringan internet. Untuk menjawab permasalahan tersebut dibuat inovasi pendaftaran perkara online yang bisa diakses pada website pa-balige.go.id.
Sekretaris Pengadilan Agama Balige Muliadin, S.H mempresentasikan inovasi Aplikasi Tata Naskah Dinas untuk pengelolaan surat masuk dan keluar secara digital.
Ketua PTA. Medan mengapresiasi terhadap inovasi dan kinerja yang dilakukan aparatur PA. Balige. “Meskipun dengan keterbatasan personil aparatur tetapi memiliki kinerja yang baik dan dapat diselasaikan dengan tepat waktu, ditambah dengan inovasi yang dilakukan untuk meningkatkan pelayanan masyarakat pencari keadilan”. Ungkap ketua PTA.Medan Dalam Bimbingan arahan dan sekaligus melaunching kedua aplikasi tersebut.

Girl in a jacket
Akhirnya, kunjungan shilaturrahim ditutup denga do’a oleh Hakim Saleh Umar, S.H.I, dengan mengharap ridho dan keberkahan Alloh serta diberikan keselamatan dan kesehatan untuk dapat bershilaturrahim kembali di Pengadilan Agama Balige, selesai acara dilanjutkan foto bersama. #mzmp.







Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi?

Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Januari 2011 telah menerbitkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan.

Bagaimana Tata Cara mengajukan Pengaduan?

Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 076/KMA/SK/VI/2009 Tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan Di Lingkungan Lembaga Peradilan) Disampaikan secara Tertulis Pengaduan hanya dapat diterima

 

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

Sebagaimana Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan, Pengadilan Agama Balige memberikan layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu yang meliputi Layanan Pembebasan Biaya Perkara, Sidang di Luar Gedung Pengadilan