Are you a member? sign in or take a minute to sign up

Cancel
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Agama Balige

Jalan Balige-Laguboti Km 5, Desa Lumban Pea Timur Tambunan, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara 22315

Valid XHTML 1.0! Valid XHTML 1.0! Valid XHTML 1.0!

SIDANG KELILING PENGADILAN AGAMA BALIGE DI DESA SIGURA-GURA

SIDANG KELILING PENGADILAN AGAMA BALIGE DI DESA SIGURA-GURA

Balige – PA Balige. Selasa 18 Juli 2017 Pengadilan Agama Balige melaksanakan Sidang keliling dan yang merupakan kegiatan pengadilan di luar gedung pengadilan yang diperuntukan bagi masyarakat yang mengalami hambatan untuk datang ke kantor pengadilan karena alasan jarak, transportasi dan biaya. Demikianlah kiranya untuk lebih memberikan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan di daerah yang wilayahnya jauh dari pusat Kota Balige, maka peluang sidang di luar gedung pengadilan adalah sebagai jawaban atau solusi yang diberikan oleh pengadilan seperti halnya Pengadilan Agama Balige pada bulan ini bertempat di Madrasah Masjid Sigura-gura.

Adapun perkara yang disidangkan adalah perkara Isbat Nikah dengan susunan Majelis yang bersidang adalah Hakim Ketua/Ketua Majelis M. Shalahudin Hamdayani, SH, MA dan Hakim-Hakim Anggota, Ramsyah Sihombing, SH, MH, dan  Saleh Umar S.H.I., serta dibantu oleh Panitera Sriwati Br Siregar, SH yang pada pagi itu berangkat dari Kantor Pengadilan Agama Balige pada pukul 09.00 WIB dan tiba di Desa Sigura-gura sekitar pukul 10.30 WIB.Persidangan dimulai tepat jam 09.30 WIB karena sebelumnya staf yang ikut rombongan sidang keliling sebanyak 3 orang yang merupakan tenaga Honorer Pengadilan Agama Balige berpartisipasi membantu mempersiapkan tempat sidang dan perangkatnya seperti memasang spanduk, bendera merah putih dan bendera Mahkamah Agung RI, palu sidang dan lain-lain.

Pemeriksaan berlangsung tertutup, singkat dan padat dengan memeriksa identitas para pihak dan pokok perkaranya serta dilanjutkan dengan pembuktian dengan pemeriksaan bukti tertulis dan 2 orang saksi. Akhirnya persidangan dapat diputus pada hari itu juga dan satu gugur karena para pihak Regno 10/Pdt.P/2017/PA.BLG tidak dapat hadir dalam persidangan.

Alhamdulillah 3 perkara dapat diputus langsung dan 1 perkara gurur” kata Panitera. Dari semua perkara yang disidangkan. Setelah petugas selesai melaksanakan shalat dhuzur dan menikmati makan siang, petugas menuju kembali ke Kantor Pengadilan Agama Balige dan tiba di Kantor Pengadilan Agama Balige  pukul 15.20 WIB.







Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi?

Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Januari 2011 telah menerbitkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan.

Bagaimana Tata Cara mengajukan Pengaduan?

Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 076/KMA/SK/VI/2009 Tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan Di Lingkungan Lembaga Peradilan) Disampaikan secara Tertulis Pengaduan hanya dapat diterima

 

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

Sebagaimana Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan, Pengadilan Agama Balige memberikan layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu yang meliputi Layanan Pembebasan Biaya Perkara, Sidang di Luar Gedung Pengadilan