Are you a member? sign in or take a minute to sign up

Cancel
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Agama Balige

Jalan Balige-Laguboti Km 5, Desa Lumban Pea Timur Tambunan, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara 22315

Valid XHTML 1.0! Valid XHTML 1.0! Valid XHTML 1.0!

RAKOR AKHIR TAHUN 2016 DI PA. BALIGE

RAKOR AKHIR TAHUN 2016 DI PA. BALIGE

(Rabu/07 Desember 2016) sekitar pukul 09.00 wib Pengadilan Agama Balige melaksanakan Rapat Koordinasi akhir tahun 2016, bertempat di ruang rapat pengadilan Agama Balige.

img_0839Rapat yang dihairi oleh seluruh aparatur (9 pegawai dan 5 tenaga pramubhakti) Pengadilan Agama Balige dibuka oleh Sekretaris Pengadilan Agama Balige Muliadin, S.H, dengan mengutarakan agenda rapat koordinasi akhir tahun 2016.

Agenda rapat koordinasi lebih ditekankan pada pelaksanaan program kerja yang telah ada pada tahun 2016. Program kerja tersebut dibagi menjadi 2 program, yaitu :1. Progaram DIPA 2016

Program DIPA dibagi menjadi 2 yaitu program kerja untuk DIPA 01 Badan Urusan Administrasi dan DIPA 04 Badan Peradilan Agama, kedua program DIPA tersebut dijelaskan realisasi pelaksanaannya pada tahun 2016.

2. Program non DIPA mengacu pada arah Kebijakan yang ditetapkan oleh pimpinan.

Wakil Ketua Pengadilan Agama Balige Muhamad Shalahudin Hamdayani, S.H.,M.A menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan program yang  telah direncanakan pada tahun 2016 sudah terlaksana dengan baik meskipun dengan jumlah aparatur yang belum memadai, namun tentu akan diusahakan lebih baik lagi pada tahun berikutnya. “Setiap aparatur mesti memiliki niat untuk perubahan yang lebih baik, Tentunya perubahan itu akan berdampak pada kemajuan Pengadilan Agama Balige yang kita banggakan ini”. Jelas wakil ketua. Hal ini senada dalam al-Qur’an Surat ar-Ra’d ayat 11 yang berbunyi :qs11Artinya : “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka”.

Ketua Pengadilan Agama Balige Drs. Syarkasyi, M.H dalam arahan dan bimbingan menyampaikan bahwa beberapa catatan akhir tahun 2016 yang segera dilaksanakan seperti Laporan Tahunan 2016, Sasaran Kinerja Pegawai, penyelesaian Rencana Kerja Anggaran Kementerian/ Lembaga (RKA-K/L) tahun 2018, pembentukan panitia penyusunan Program Kerja 2017 (POGJA 2017). Ketua mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih untuk kinerja yang telah dilaksanakan pada tahun 2016 dan untuk tahun depan dapat diusahakan lebih baik lagi tentunya. Ketua mengungkapkan sebuah hadits yang berbunyi :

“Barangsiapa yang keadaannya hari ini kualitas hidupnya lebih baik dari hari kemarin maka dia adalah orang beruntung, sedangkan barangsiapa keadaan hidupnya pada hari ini sama dengan hari kemarin, maka ia termasuk orang yang rugi dan barangsiapa keadaan hidupnya pada hari ini lebih buruk dari hari kemarin maka orang semacam itu dilaknat oleh Allah”. (HR Bukhari)

img_0835-horz

Peserta rapat begitu antusias mendengarkan dan mengeluarkan tanggapan dan pendapat terhadap agenda rapat koordianasi akhir tahun 2016, sehingga waktu sudah menunjukkan waktu istirahat. Oleh karena itu, Rapat koordinasi ditutup dengan harapan capaian yang sudah baik dilaksanakan pada tahun 2016 dapat dipertahankan dan capaian yang kinerja yang kurang baik agar dapat diperbaiki pada tahun berikutnya. (zaki).







Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi?

Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Januari 2011 telah menerbitkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan. Selanjutnya

Bagaimana Tata Cara mengajukan Pengaduan?

Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 076/KMA/SK/VI/2009 Tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan Di Lingkungan Lembaga Peradilan) Disampaikan secara Tertulis Pengaduan hanya dapat diterima. Selanjutnya

 

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

Sebagaimana Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan, Pengadilan Agama Balige memberikan layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu yang meliputi Layanan Pembebasan Biaya Perkara, Sidang di Luar Gedung Pengadilan. Selanjutnya