Are you a member? sign in or take a minute to sign up

Cancel
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Agama Balige

Jalan Balige-Laguboti Km 5, Desa Lumban Pea Timur Tambunan, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara 22315

Valid XHTML 1.0! Valid XHTML 1.0! Valid XHTML 1.0!

SOSIALISAI APLIKASI SIWAS DI PENGADILAN AGAMA BALIGE

SOSIALISAI APLIKASI SIWAS DI PENGADILAN AGAMA BALIGE

Balige

Selasa (01 Nopember 2016). sekitar pukul 09.00 Wib bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Balige melaksanakan sosialisasi aplikasi SIWAS MA-RI (Sistem Informasi Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia).

ssAplikasi SIWAS merupakan pengejawantahan dari Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2016 tentang Pedoman Penanganan Pengduan (Whistleblowing system) di Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang Berada di Bawahnya.

Kegiatan Sosialisasi aplikasi SIWAS dilaksanakan berdasarkan kegiatan sosialisasi aplikasi SIWAS di PTA. Medan pada tanggal 27 Oktober 2016 yang diikuti oleh Wakil Ketua PA. Balige dan satu orang staf IT .

ssisSosialisasi dibuka oleh Muliadin, S.H Sekretaris Pengadilan Agama Balige. Wakil Ketua Pengadilan Agama Balige M. Shalahudin Hamdayani, S.H.,M.A menjelaskan bahwa aplikasi SIWAS MA-RI dilaksanakan dalam rangka penguatan Reformasi Birokrasi pada Mahkamah Agung dan empat Badan Peradilan di bawahnya. Melalui PERMA Nomor 9 Tahun 2016 Mahkamah Agung telah mengintegrasikan sistem Pengaduan baik berupa SMS, e-mail, melalui meja pengaduan kedalam satu aplikasi SIWAS.

Aplikasi SIWAS menjaga kerahasiaan pelapor, tetapi harus memenuhi unsur 5 W dan 1 H (What, Who, Where, When, Why dan How) agar penagduannya dapat diproses” Jelas Wakil Ketua .

Setelah Wakil Ketua menjelaskan latar belakang dan dasar hukum SIWAS, maka dilanjutkan dengan praktek aplikasi SIWAS disampaikan Solahuddin Hasibuan, S.H.I staf IT PA. Balige.  Praktek aplikasi SIWAS dimulai dengan membuka link https://siwas.mahkamahagung.go.id/ dan untuk selanjutnya akan dituntun dalam membuat pengaduan.

Peserta Sosialisasi mendengarkan dengan baik dan antusias. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan kepada pemateri.

Akhirnya, sosialisai ditutup sekitar pukul 11.00 Wib dengan harapan dari hasil sosialisasi akan meningkatkan kinerja dan kewaspadaan terhadap pelanggaran yang dapat dilaporkan melalui aplikasi SIWAS.

 







Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi?

Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Januari 2011 telah menerbitkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan.

Bagaimana Tata Cara mengajukan Pengaduan?

Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 076/KMA/SK/VI/2009 Tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan Di Lingkungan Lembaga Peradilan) Disampaikan secara Tertulis Pengaduan hanya dapat diterima

 

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

Sebagaimana Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan, Pengadilan Agama Balige memberikan layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu yang meliputi Layanan Pembebasan Biaya Perkara, Sidang di Luar Gedung Pengadilan