Are you a member? sign in or take a minute to sign up

Cancel
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Agama Balige

Jalan Balige-Laguboti Km 5, Desa Lumban Pea Timur Tambunan, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara 22315

Valid XHTML 1.0! Valid XHTML 1.0! Valid XHTML 1.0!

SOSIALISASI HASIL BIMTEK, EKONOMI SYARI’AH, POLA BINDALMIN SERTA SIMARI DAN SAIBA

SOSIALISASI HASIL BIMTEK, EKONOMI SYARI’AH, POLA BINDALMIN SERTA SIMARI DAN SAIBA

Slide1Balige | PA Balige

Selasa, 28 Oktober 2014 Pejabat serta Pegawai PA Balige menyampaikan 3 Materi di Ruang Sidang Utama PA Balige, dalam acara penyampaian 3 materi tersebut dibuka oleh Pansek Irvandi Pardede, SH. Penyampain hasil pertemuan pertama dipandu oleh Pansek, mengenai hasil Bimbingan Teknis Pola Bindalmin yang diselenggarakan oleh PTA Medan bertempat di Hotel Madani Medan. Sedangkan sosialisasi Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim, dan Bimbingan Teknis Ekonomi Syariah yang dipandu oleh Hakim, M. Afif, SHI serta Bapak Lanka Asmar, SHI, MH.

Acara sosialisasi tersebut, Pansek PA Balige berharap kepada seluruh pejabat dan pegawai agar senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik kepada pencari keadilan dan menjaga tali silaturrahim antar sesama. Ujar pak Pansek setengah baya ini.

2

Acara kedua adalah penyampaian hasil SAIBA menuju Akrual oleh Ibu Nur Ilmayati kepada seluruh pejabat dan pegawai serta honorer PA Balige, dalam penyampaian tersebut Nur Ilmayati menegaskan bahwa laporan keuangan yang dihasilkan dengan basis Akrual dimaksudkan adalah untuk memberikan manfaat lebih baik bagi para pemangku kebijakan, baik para pengguna maupun pemeriksa laporan keuangan pemerintah, yaitu dapat memberikan informasi yang lebih komprehensif, tidak hanya capaian realisasi anggaran, namun juga kinerja pengelolaan keuangan Negara.

Sedangkan tata cara penggunaan aplikasi SAIBA pada dasarnya sama dengan aplikasi SAKPA, yaitu, Inputdokumen sumber (DIPA, RevisiDIPA, SPM, SP2D, SSBP dan SSPB), Input jurnal Neraca, Input Jurnal Penyesuaian, Posting, Cetak Laporan, dan sebagainya  ujar Ilma.

3

Acara ketiga adalah penyampaian hasil SIMARI di Medan.   Sebelum menyampaikan materi oleh  KAUR Kepegawaian Mairiza Yulianti, S.Si, dan Amirul Haq, SHI sebagai Operator, memaparkan  terlebih dahulu program kerja Sub Bagian Kepegawaian tahun 2014, sebagai hasil dari BIMTEK yaitu menyukseskan pelaksanaan penginputan SKP Online pada simari. mahkamahagung.go.id.

 Dalam aplikasi ini terdapat berbagai macam system sehingga apa pun bisa kita buka di aplikasi SIMARI iniseperti SIAP (Sistem Informasi Administrasi Perkara), SIPO (Sistem Informasi Perencanaan dan Organisasi), SDM (Sistem Informasi Kepegawain, Sistem Informasi Keuangan, Sistem Informasi Aset, Sistem Informasi Logistik, Sistem Informasi Template SK, sertaPendaftaran CPN Secara Online. Bahkan menu dalam aplikasi SIMARI ini akan ditambah lagi dengan KOMDANAS (Komunikasi Data Nasional),” ujar Amirul.

Namun tentang SDM (Sistem Informasi Kepegawaian) yang mana setiap pegawai termasuk hakim untuk mengisi SKP masing-masing sesuai dengan job description maupun tugas tambahan lainnya. SKP ini sebagai pengganti DP3, jadi kalau ada pegawai yang tidak mengisi maka akan dikenakan ketentuan PP 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai yang mana pegawai tersebut akan diberi sanksi berupa penundaan kenaikan pangkat.

Sebelum acara penyampaian hasil sosialisasi tersebut ditutup, Bapak Wakil Ketua Amrullah, MH memberikan apresiasi kepada Ibu Nur Ilmayati yang telah mendapatkan penghargaan dari KKPN Balige sebagai Peserta Terbaik dalam pelaksanaan BIMTEK SAIBA menuju Akrual di Aula KPPN Balige pada tanggal 15 dan 16 Oktober 2014. Dan apresiasi kepada Kepegawaian yang telah mendapatkan urutan SIMPEG Badilag ke 14 wilayah PTA Medan dan urutan 165 untuk Nasional, yang sebelumnya posisi 1 wilayah PTA Medan, posisi tersebut turun karena adanya CPNS yang belum lengkap datanya, ujar Mairiza.

Acara ini ditutup dengan penyampaian kata-kata pesan dari Bapak Ketua PA Balige Drs. H. Mohd. Ridhwan Ismail, SH, bahwa Pengadilan Agama Balige selalu mendapatkan juara dalam bidang apapun namun sayangnya jika seseorang pegawai PA Balige sudah dianggap sangat cakap dan profesional dibidangnya akan ditarik oleh Pengadilan lain, walaupun demikian kita sampai sekarang alhamdulillah masih dalam posisi baik dibagian manapun, ujar pak Ketua. Maka berkat kebersamaan dan keseriusan kita semua  dapat draih, baik dibidang SIMPEG, SIADPA PLUS dan Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Akrual (SAIBA) di KPPN dan sebagainya.







Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi?

Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Januari 2011 telah menerbitkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan. Selanjutnya

Bagaimana Tata Cara mengajukan Pengaduan?

Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 076/KMA/SK/VI/2009 Tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan Di Lingkungan Lembaga Peradilan) Disampaikan secara Tertulis Pengaduan hanya dapat diterima. Selanjutnya

 

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

Sebagaimana Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan, Pengadilan Agama Balige memberikan layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu yang meliputi Layanan Pembebasan Biaya Perkara, Sidang di Luar Gedung Pengadilan. Selanjutnya