Are you a member? sign in or take a minute to sign up

Cancel
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Agama Balige

Jalan Balige-Laguboti Km 5, Desa Lumban Pea Timur Tambunan, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara 22315

Valid XHTML 1.0! Valid XHTML 1.0! Valid XHTML 1.0!

Profesionalisme Panitera Pengganti Harus Dikedepankan

Profesionalisme Panitera Pengganti Harus Dikedepankan
 Kategori Induk: Berita
Dibuat pada Jum’at, 17  Oktober 2014
Tanggal Penerbitan
badilag
Badan Penelitian dan Pengembangan dan Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Peradilan (Diklat Kumdil) kembali menggelar Pelatihan Teknis Fungsional Panitera/Panitera Pengganti Peradilan Umum, Agama, dan Militer Seluruh Indonesia. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 6 s.d 17 Oktober 2014 di Pusdiklat MahkaProfesionalisme Panitera Pengganti Harus Dikedepankan.

Bogor | Badilag.net

Badan Penelitian dan Pengembangan dan Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Peradilan (Diklat Kumdil) kembali menggelar Pelatihan Teknis Fungsional Panitera/Panitera Pengganti Peradilan Umum, Agama, dan Militer Seluruh Indonesia. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 6 s.d 17 Oktober 2014 di Pusdiklat Mahkamah Agung R.I. MegamendungBogor.

Peserta pelatihan dari lingkungan peradilan agama sebanyak 52 orang yang terdiri dari panitera pengganti pengadilan agama/mahkamah syar’iyah seluruh Indonesia. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan ketrampilan dan kemampuan panitera pengganti di lingkungan peradilan agama dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.

Beraneka materi disuguhkan dalam pelatihan ini, salahsatunya adalah kemampuan untuk membuat berita acara sidang (BAS) untuk semua jenis persidangan. Peserta tidak hanya diarahkan untuk membuat BAS perkara cerai saja, tetapi juga dituntut untuk memeiliki kemampuan membuat BAS untuk semua jenis perkara dengan segala kemungkinan yang terjadi pada persidangan.

Dr. H. Bunyamin Alamsyah, S.H., M.Hum., salah satu narasumber pelatihan memberikan tugas kepada peserta diklat untuk membuat BAS perkara komulasi, yaitu perkara permohonan itsbat nikah, permohonan poligami dan pembagian harta bersama.

Kemampuan para peserta diklat dalam membuat berbagai jenis berita acara sidang harus terus ditingkatkan. Panitera pengganti memegang peran penting untuk membantu majelis hakim dalam persidangan.

“Profesionalisme dalam melaksanakan tugas harus dikedepankan. Kemampuan seorang panitera pengganti dalam membuat berita acara sidang yang baik dan berkualitas, akan mempermudah majelis hakim dalam membuat putusan yang berkualitas. Berita acara sidang inilah yang akan dijadikan dasar pembuatan putusan oleh majelis hakim”, tutur Bunyamin Alamsyah.







Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi?

Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Januari 2011 telah menerbitkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan.

Bagaimana Tata Cara mengajukan Pengaduan?

Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 076/KMA/SK/VI/2009 Tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan Di Lingkungan Lembaga Peradilan) Disampaikan secara Tertulis Pengaduan hanya dapat diterima

 

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

Sebagaimana Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan, Pengadilan Agama Balige memberikan layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu yang meliputi Layanan Pembebasan Biaya Perkara, Sidang di Luar Gedung Pengadilan