Balige | www.pa-balige.go.id

Rabu (29/06/2022) pukul 10.00 WIB, bertempat di Ruang Rapat Dinas Kesehatan dilaksakan rapat persiapan pelaksanaan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pengadilan Agama Balige dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Toba. Pelaksanaan MoU ini merupakan perintah dari Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia, sesuai dengan surat Nomor 2449/DjA/HM.00/4/2022, tanggal 22 April 2022 perihal Koordinasi dan Perjanjian Kerjasama dengan Dinas Kesehatan.

Tujuan dilakukannya Perjanjian Kerjasama ini adalah sebagai upaya untuk memastikan keadaan biologis anak yang ingin menikah di bawah umur dan meningkatkan pengetahuan tentang dampak biologis, psikologis, ekonomi dan sosial bagi yang melaksanakan perkawinan pada usia dini di Kabupaten Toba. Melalui peran yang terintegrasi dan bersinergi, antara pusat pelayanan kesehatan masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Toba dengan Pengadilan Agama Balige.

Selain itu, Perjanjian Kerjasama ini sebagai pedoman bagi kedua belah pihak dalam pelaksanaan pemeriksaan kesehatan serta sebagai persyaratan permohonan dispensasi kawin pada Pengadilan Agama Balige. Pemohon dispensasi kawin atau dalam hal ini para pasangan yang akan menikah di bawah umur 19 (sembilan belas) tahun akan dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh tenaga kesehatan. Selanjutnya akan dikeluarkan surat keterangan kesehatan oleh Petugas Kesehatan/Puskesmas sebagai rekomendasi atas hasil pemeriksaan kesehatan yang sudah dilaksanakan bagi pemohon dispensasi kawin.(TIP)

Media Sosial

Jam Layanan

Jam Kerja

Senin s/d Kamis 

08.00 s/d 16.30 WIB

Jum'at  

08.00 s/d 17.00 WIB

 

Jam Istirahat

Senin s/d Kamis 

12.00 s/d 13.00 WIB

Jum'at  

11.30 s/d 13.30 WIB

 

TUTUP

Sabtu-Minggu & Libur Hari Besar