Balige | www.pa-balige.go.id

pada Hari Minggu tanggal 13 Maret 2022, Dengan penuh semangat dan dedikasi, Aparatur Pengadilan Agama Balige Mengikuti Launching Aplikasi A.C.O (Access CCTV Online) dan SIMTEPA (Sistem Informasi Manajemen Tenaga Teknis Peradilan Agama) oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama yang diresmikan secara langsung oleh Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung RI. Acara Tersebut di ikuti Oleh Seluruh Aparatur Pengadilan Agama Balige Secara Daring melalui Aplikasi Zoom. Hal tersebut berdasarkan sesuai dengan Surat Dirjen Badilag Nomor:1352/DJA/HM.00/3/2022 tertanggal 11 Maret 2022 tentang Pelaksanaan Rapat Koordinasi, Lauching Aplikasi SIMTEPA dan Access CCTV Online serta Pemberian Penghargaan Bagi Satuan Kerja Berprestasi. Tepat pukul 18:00 WIB seluruh pegawai berkumpul di Ruang Media Center untuk mengikuti acara kegiatan tersebut. Pembukaan acara Rapat Koordinasi , Peluncuran Aplikasi SITEPA dan  ACO (Access CCTV Online), Pemberian Penghargaan kepada Pengadilan Berprestasi dan Pembinaan yang Mulia Bapak Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia berlangsung dengan lancar dan sukses.

Acara yang diadakan secara virtual tersebut, dilaksanakan secara luring  di Haris Hotel Convention Surabaya, dihadiri oleh YM. Ketua Mahkamah Agung RI Prof. Dr. H. Syarifuddin, SH, MH, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial Dr. Andi Samsan Nganro, SH, MH, Wakil Ketua Mahakmah Agung Bidang Non Yudisial Dr. H. Sunarto, SH, MH Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung RI Prof. Dr. H. Amran Suadi, SH, MH, serta tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. melaporkan terkait jalannya kegiatan tersebut seperti halnya bahwa Rakor adalah kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh Badilag dengan  Kamar Agama dan PTA Se-Indonesia ini untuk membahas program kerja yang akan diimplementasikan oleh PTA se-Indonesia pada tahun 2022.  Dalam kesempatan tersebut Badilag telah melaunching aplikasi SIMTEPA, sebagai aplikasi pendukung SIKEP MARI untuk memenuhi kebutuhan Badilag dalam data promosi dan mutasi dilingkungan Badilag. Tak hanya itu, Badilag juga melaunching  Aplikasi Acess CCTV Online (ACO). ACO adalah sebagai aplikasi pengawasan dilingkungan Peradilan Agama. Dengan ACO Badilag dapat melakukan pengawasan secara intensif dan massif dapat kepada PA se-Indonesia. Dengan adanya ACO di 441 satker PA se-Indonesia menjadi 4.000 titik. Berkat hal tersebut Mahkamah Agung dianugerahi Penghargaan dari MURI sebagai Lembaga Yudikatif dengan CCTV terbanyak.

Prosesi Launching Aplikasi SIMTEPA & ACO dilakukan oleh Ketua MARI didampingi Waka Yudisial, Non Yudisial, Ketua Kamar Agama, Sekretaris MA, Dirjen BAdilag ditandai dengan pemukulan gong. Pada kesempatan tersebut YM Ketua MAhkamah Agung juga berkenan membuka dan me-lihat secara langsung CCTV di berbagai satuan kerja di Indonesia. Hadirnya aplikasi tersebut sangat mendapatkan apresiaisi yang tinggi diberikan Ketua MAhkamah Agung kepada DIrektirat Jenderal Peradilan Agama atas inovasi dan prestasi-prestasi yang di raih. Adapun acara ditutup dengan pemberian penghargaan kepada Pengadilan Berprestasi dan Pembinaan yang Mulia Bapak Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia. (TIP)