Balige | www.pa-balige.go.id

Hari Rabu tanggal 09 Maret 2022 Pengadilan Agama Balige kedatangan Hakim Tinggi Pengawas Daerah dari Pengadilan Tinggi Agama Medan , Drs. Mazharuddin, M.H., Drs. H. Maharnis, S.H.,M.H. dan PP PTA Medan Azhari, S.H.,M.H yang disambut oleh Ketua PA Balige, didampingi Panitera dan Sekretaris.

Kedatangan Hakim Tinggi Pengawas Daerah tersebut dalam rangka melakukan pengawasan rutin di Pengadilan Agama Balige yang bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja Pengadilan Agama Balige sebagai Satuan Kerja yang berada dibawah Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Medan, sehingga tercipta suatu Peradilan yang Agung sebagaimana yang dicita-citakan dan terprogram dalam Blue Print MA-RI 2010 s/d 2035.

Pengawas kemudian langsung menuju ke Kantor Pengadilan Agama Balige guna melakukan pemeriksaan. Pemeriksaan dilakukan mengenai Management Peradilan, Administrasi Perkara Pidana & Perdata, Administrasi Persidangan Pidana & Perdata, Administrasi Umum, Pelayanan Publik dan Penerapan SIPP (IT) dan 9 Aplikasi Inovasi Badilag. Pemeriksaan dilaksanakan selama 1 hari penuh dan dilanjutkan dengan pembinaan.

Bertempat diruang Media Center Ketua Pengadilan Agama Balige, Ramsyah Sihombing, S.H., M.H. melaporkan bahwa dalam pelaksanaan tugas di Pengadilan Agama Balige telah dilaksanakan dengan baik dimana seluruh pejabat baik fungsional dan Struktural telah melakukan pengawasan secara intern baik pengawasan secara melekat maupun pengawasan fungsional sesuai dengan bidang tugas yang telah diberikan masing-masing dan juga pengawasan yang telah dilakukan oleh Hakim pengawas bidang.

Selanjutnya Hati Wasda PTA Medan , Drs. Mazharuddin, M.H. menyampaikan hasil pengawasannya bahwa pada umumnya semua tugas telah dilaksanakan dengan baik, pelaksanaan administrasi di Pengadilan Agama Balige sudah bagus dan mengapresiasi kinerja aparat Pengadilan Agama Balige walaupun ada ditemukan sedikit temuan-temuan diantaranya mengenai Berkas Perkara yang belum dijahit, Penulisan Istilah asing cetak miring, Alat Bukti yang ada dalam Berkas tidak bernomor halaman, Pada Relas Panggilan  kekepala desa tidak Terdapat stampel Kepala desa,  kemudian dari Fasilitas Ruang Bermain Anak harus ada minimal dikasih pagar kecil, Rumput dihalaman harus diperhatikan kebesihannya, Petugas PTSP harus Menerapkan 3S dan 5R. Pengawas berharap agar temuan temuan tersebut untuk segera dilengkapi dan dibenahi dan berpesan agar kinerja yang telah berjalan selama ini dipertahankan dan ditingkatkan untuk kedepannya sehingga apa yang menjadi Visi dan Misi Mahkamah Agung dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat pencari keadilan dapat tercapai.

Saya sangat apresiasi atas kinerja PA Balige hampir diberbagai bidang telah terlaksana dengan baik, bahkan banyak inovasi yang dilakukan di intern PA Balige disamping melaksanakan inovasi badilag. Selanjutnya Ketua Pengadilan Agama Balige menyampaikan agar setiap pegawai Pengadilan Agama Balige untuk dapat menjadikan pedoman dan segera menindaklanjuti apa yang menjadi temuan dan arahan Hakim Tinggi Pengawas dari Pengadilan Tinggi Agama Medan.

Diakhir pemaparannya Drs. Mazharuddin, M.H. menyampaikan terima kasih atas kesediaannya menerima dengan baik Tim Pengawasan dari Pengadilan Tinggi Agama Medan dalam melaksanakan tugas pengawasan dan acara diakhiri dengan foto bersama. (TIP)