Kamis, 18 November 2021. Bertempat di Ruang Media Center Pengadilan Agama Balige . Pengadilan Agama Balige akhirya mengikuti Desk Evaluasi Zona Integritas yang diadakan oleh Kementrian Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi yang diadakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting pada pukul 13.00 – 14.00 WIB. Acara dimulai dengan perkenalan seluruh Ketua dan Koordinator 6 Area Zona Integritas oleh Ketua Pengadilan Agama Balige YM Ramsyah Sihombing, S.H.,M.H.. Dimana Koordinator Ketua Pembangunan ZI YM Sudarman S.Ag., M.H., Area I  Ulfa Adania Amd.,A.B, Kordinator Area II Muliadin, S.H., Koordinator Area III Fatimah Zahara, S.H.I., Koordinator Area IV M. Adlika Nasution, S.H.I, Koordinator Are V Thamrin Harahap, S.Sy., dan Koordinator Area VI Sriwati Br. Siregar, S.H.I.

 

Selanjutnya, YM Ketua Pengadilan Agama Balige memaparkan Materi Zona Integritas berupa presentasi dihadapan para Tim Penilai dari Kementrian Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi. Alhamdulillah Ketua Pengadilan Agama Balige dapat memaparkannya dengan sebaik mungkin dan hanya menyelesaikannya dalam waktu 15 menit. Berikutnya, Tim Penilai dari Kementrian Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi menanyakan berapa pertanyaan ke Ketua Pengadilan Agama Balige. Ketua Pengadilan Agama Balige pun menjawabnya dengan semaksimal dan sebaik mungkin. Selain itu, Ketua Pembangunan ZI beserta Seluruh Koordinator Pembangunan ZI juga ikut serta memberikan tambahan atas seluruh pertanyaan dari Tim Penilai dari Kementrian Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi.

Setelah menjawab seluruh pertanyaan dengan sebaik mungkin, Ketua Pembangunan Zona Integritas pun memberikan closing statement  “Kami tidak anti terhadap perubahan, justru dengan perubahan itu membuat kami lebih maju, dengan melahirkan berbagai macam inovasi untuk memperbaiki manajemen kantor, memberikan akses yang mudah kepada masyarakat dan memberikan pelayanan prima kepada pencari keadilan. Pimpinan beserta aparatur peradilan bersinergi, menciptakan kantor yang kondusif, meminimalisir kesalaan dan mencari solusi dari setiap permasalahan demi mewujudkan Peradilan yang Agung Bebas dari Korupsi dan Kolusi. Pekerjaan ini belum selesai, kami akan selalu berusaha dan terus semaksimal mungkin menjadikan kantor yang lebih baik. Kami menyadari, apa yang kami lakukan, jauh dari kata sempurna, karena kesempurnaan itu hanya milik allah, akan tetapi kami yakin dengan apa yang telah kami lakukan selama ini bahwa kami layak untuk mendapatkan WBK ditahun 2021 ini” ujar beliau.

Diakhir acara Tim Penilai Kmenpan RB pun memberikan kata penutup bahwa mereka merasakan akan perubahan yang dialami Pengadilan Agama Balige, mereka juga memberikan support kepada Pengadilan Agama Balige agar terus mengembangkan dan memberikan inovasi-inovasi yang terbaru dimasa yang akan datang.

Terimakasih kepada Seluruh aparatur Pengadilan Agama Balige yang telah berjuang hingga sampai ke tahap Desk Evaluasi ZI ini, semoga kita tetap semangat dan optimis untuk meraih Wilayah Bebas Korupsi (WBK) di tahun 2021. Aamiin .(SAL)