Pengadilan Agama Balige mengadakan kunjungan ke Kantor Kementerian Agama Toba Samosir, Senin, 09 November 2020. Kunjungan ini dilakukan langsung oleh Ketua PA yang baru, Ramsyah Sihombing, S.H., M.H., dengan didampingi oleh Hakim, Panitera dan  Panmud,.

Dalam kunjungan yang disambut oleh Kasubbag TU, Huddin Samosir, Ketua Pengadilan Agama Balige mengutarakan maksud kunjungan. Selain silaturahmi, pihak PA Balige akan mengadakan sejumlah program, salah satunya yaitu mengatasi permasalahan pernikahan di bawah tangan. “fenomena nikah di bawah tangan masih terjadi di masyarakat. Kami ingin mengetahui apakah di Toba Samosir banyak terjadi pernikahan di bawah tangan. Kalau ada akan kami bantu secara hukum,” katanya.

Bantuan tersebut bertujuan untuk memastikan status keturunan yang dihasilkan oleh pernikahan. Sehingga keturunannya bisa diakui secara sah. “Nantinya kami bisa mengesahan pernikahan tersebut. Sehingga Istbatnya berlaku surut. Dengan demikian anak dari pasangan tersebut dapat secara sah diakui oleh negara. Juga akan mempermudah urusan secara administratif,” lanjut Ramsyah Sihombing.

Kasubbag TU menyambut positif rencana program tersebut. Dikatakannya, Kemenag Kabupaten Toba Samosir siap mendukung program Pengadilan Agama Balige untuk kemaslahatan ummat. Dan diakhir Acara Ketua berserta rombongan berfoto Bersama Untuk mempererat Silahturahmi.