PA Balige telah melaksanakan program kerja rutin justice for all dalam rangka pelayanan prima kepada masyarakat pencari keadilan yakni pelaksanaan Sidang Keliling. Sidang keliling ini merupakan langkah untuk mendekatkan “pelayanan hukum dan keadilan” kepada masyarakat dan sebagai program pengembangan dari asas access to justice.

sidang keliling digelar di wilayah sekitar pesisir Danau Toba atau wilayah Pulau Samosir tepatnya di Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, pada tanggal 18 Juni 2020. Kegiatan ini juga berjalan dengan sukses dan lancar. Kesuksesan ini tidak terlepas dari bantuan dan kerjasama dari KUA Kecamatan Pangururan yang telah menyediakan tempat di mesjid Pangururan sebagai pusat pelaksanaan sidang keliling periode ini.

Perkara yang disidangkan adalah perkara permohonan isbat nikah yakni 5 perkara dan permohonan cerai gugat 3 perkara. Tim sidang keliling yang langsung dipimpin oleh Ketua (M.Shalahuddin Hamdayani, S.H., M.A) dan anggota tim yang terdiri para hakim (Muzakir, S.H.I., dan Rifazul azdmi, S.H.I.), panitera (Sriwati Siregar, S.H.), Panitera Pengganti (M. Zaki Mubarok Panjaitan, S.H.I., M.H.), Jurusita Pengganti (M. Adlika Ikhwan Nasutioan, S.H.I.), operator (Tajul Ilmi Panjaitan), petugas sidang (Riska Aini dan Marlon Batara Simanjuntak).

Ada yang berbeda dari perjalanan sidang keliling tahap Ketiga ini, yakni perjalanan harus menggunakan kapal penyeberangan via pelabuhan Balige yang terletak di daratan Toba Samosir menuju pelabuhan Pangururan yang terletak di Pulau Samosir, dengan masa tempuh perjalanan sekitar 4 jam. Meski diguyur hujan di tengah perjalanan tidak mengurangi semangat kami,  dan tim sidang keliling ini kembali ke Balige dengan lancar dan selamat pada pukul 08 malam.  (TIP)