Balige, senin/ 6 Mei 2019, Aparatur Pengadilan Agama Balige melaksanakan Pembinaan Mental (BINTAL) selama bulan Ramdhan 1440 H yang dilaksanakan selesai sholat Dzuhur di mushola Pengadilan Agama Balige.

Pelaksanaan BINTAL dibuka oleh moderator, Panitera Pengadilan Agama Balige Sriwati br. Siregar, S.H dan pada kesempatan ini Bintal disampaikan oleh hakim Saleh Umar S.H.I dengan tema “2 Karakter Muslim Yang Harus Anda Miliki”.

Keimanan merupakan akar dari sifat-sifat positif dan sumber pencipta nilai-nilai keislaman yang sebenarnya, dan tidak ada nilai yang mungkin ada dalam Islam yang tidak berdasarkan keimanan. Seorang muslim yang mukmin akan mempunyai karakteristik mental yang baik. Diantara karakter mental muslim sejati itu adalah sabar, tawakal, tidak mudah putus asa/mempunyai semangat yang besar (pantang menyerah), dan istiqamah.

 

Kesabaran merupakan salah satu manifestasi mental mulia seorang muslim yang mukmin ketika menghadapi semua hal baik itu termasuk kategori musibah atau yang lainnya. Sebab ia menganggap semuanya itu dari Allah dan yang berhak melakukan atau membuat apapun adalah Allah. Dan sabar adalah senjata ampuh bagi seorang muslim yang taat.

 

Seorang yang beriman sempurna juga membedakan diri melalui perhatian seksama yang diberikan pada laku ibadahnya. Sepanjang hidup, selama mampu, ia bergairah menegakkan shalat, berpuasa, membayar zakat, yakni, memenuhi laku ibadah yang ditetapkan Allah sebagai wajib.

Merefleksikan sikap-sikap tersebut pada era sekarang tidaklah mudah. Akan tetapi walaupun begitu kita harus mencobanya. Sebab dengan bermental kuat, manusia akan hidup dalam koridor yang benar. (TIP)