[if enb_label]

[label]

[endif] [if enb_txt_0]
[txt_0]
[endif]
[if enb_subscribe]
[sub_form_start] [sub_fields_html] [sub_form_end]
[endif] [if enb_sm]
[sm_html]
[endif] [if enb_foot_note]
[foot_note]
[endif]

Sebaik-baik manusia adalah yang banyak memberi manfaat kepada orang lain, itu adalah salah satu kutipan hadis yang disampaikan oleh penceramah, Amrin Salim (Waka PA Balige) dalam rangkaian acara buka bersama dan penyantunan anak yatim di Panti Asuhan Yayasan H. Yasin Tambunan di Kota Balige.

Acara yang dirancang khusus di bulan Ramadhan ini terdiri dari beberapa agenda yakni kunjungan ke Panti Asuhan, Buka Bersama, Tausiyah dan Penyerahan Santunan kepada 40 orang anak yatim serta solat magrib berjamaah. Acara ini digelar pada hari rabu tanggal 6 Juni 2018.

Dalam sambutannya, Pengurus Panti Asuhan, Horas Sihite, menyampaikan rasa sukacita dan ucapan terimakasih kepada keluarga besar PA Balige karena telah bersedia mengunjungi panti, buka bersama dan menyantuni anak-anak yatim. Semoga kegiatan ini mendapatkan ganjaran pahala di sisi Allah SWT, harap beliau. Dalam pada itu, Ketua dalam sambutannya menyampaikan bahwa warga PA Balige berusaha untuk meningkatkan rasa care dan share terhadap keadaan anak yatim di sekitar kantor dan untuk mewujudkan rasa kepedulian tersebut PA Balige dengan ikhlas mengumpulkan dana yang bersumber dari penghasilan pegawai dan hakim serta menggelar acara buka bersama dan memberikan alakadarnya santunan berupa uang terhadap 40 anak yatim yang mungkin santunan ini bisa memberikan sedikit kegembiraan dan saling berbagi rezeki diantara sesama muslim yang membutuhkan. Kegiatan ini juga merupakan dakwah maaliyah PA Balige sebagai lembaga pelayanan publik.

Ketua berjanji akan menggelar acara serupa secara rutin dan mudah-mudahan juga kuantitas penerima dan nominal juga bisa bertambah. Ketua juga mengharapkan kepada warga PA Balige agar rajin menyantuni anak yatim maupun kaum du’afa lainnya karena disamping sebagai ibadah yang dianjurkan oleh Islam kegiatan ini juga untuk meningkatkan rasa solidaritas kemanusiaan.

Alhasil, menurut penceramah dalam tausiyahnya, acara yang digagas PA Balige sangat bermanfaat khususnya untuk anak yatim apalagi acara ini momentumnya di bulan Ramadhan, paling tidak ada 4 hikmah yang bisa diambil dari kegiatan ini yakni pertama, insya Allah, acara buka bersama merupakan bagian dari anjuran Rasul agar sering memberi makan orang yang berpuasa, tujuannya untuk mendapatkan pahala dan ridho Allah, kedua, menyantuni anak yatim tujuannya untuk menguatkan mereka dan meraih ganjaran surga, ketiga, acara ini juga dalam rangka menyambung tali silaturahim sesama muslim yang menurut sunah akan memperpanjang umur serta mempererat ukhuwah islamiyah, keempat, meningkatkan kesalehan dan kepekaan sosial. Semoga….(amsal)

Upload Files Delegsi