Tobasa – Selasa/ 24 April 2018, Pengadilan Agama Balige kedatangan tamu dari PTA. Medan untuk melaksanakan Pembinaan dan Pengawasan (BINWAS), Pelaksanaan BINWAS selama 2 (dua) hari yaitu pada tanggal 24 s/d 25 April 2018. Hal ini senada dengan surat Ketua PTA. Medan Nomor W2-A/1017/PS.01/IV/2018, pada tanggal 17 April 2018 tentang Pelaksanaan BINWAS 2018.

Pelaksanaan BINWAS di PA. Balige berdasarkan surat tugas Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan Nomor W2-A/974/KP.04.6/IV/2018 tanggal 11 April 2018 dengan menugaskan :

  1. H. Abd. Latif, M.H (Hakim Utama Muda PTA. Medan) sebagai Ketua tim.
  2. Parluhutan, S.H. (Panitera Pengganti PTA. Medan) sebagai anggota.

Pada hari pertama pengawasan dilaksanakan dengan tertib pada setiap bidang (Administrasi Persidangan, Kepaniteraan dan Kesekretariatan) sesuai dengan instrument pengawasan tahun 2018 yang mengacu pada Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM).

Pelaksanaan ekspose dari hasil pengawasan dilaksanakan pada hari kedua, Ekspose dibuka langsung oleh Ketua PA. Balige Muhamad Shalahudin Hamdayani, S.H.,M.A sekitar pukul 11.00 Wib di ruang rapat PA. Balige. Ucapan terimakasih kepada tim yang telah datang di PA. Balige dalam melaksanakan Binwas dan memperkenalkan setiap aparatur dan wilayah yurisdiksi PA. Balige.

Ketua tim Binwas Drs. H. Abd. Latif, M.H dalam bimbingan dan arahananya menyampaikan bahwa pada prinsipnya pelaksanaan Administrasi Persidangan, Kepaniteraan dan Kesekretariatan sudah BAIK, sesuai dengan aturan yang ada dan Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM).

Ketua tim menyampaikan 3 (tiga) point penting yang harus dilaksanakan untuk meningkatkan kewibawaan dan pelayanan terhadap masyarakat pencari keadilan. Yaitu :

  1. Meningkatkan performance pada diri sendiri, sarana prasarana pelayanan publik dan kebersihan lingkungan kantor.
  2. Meningkatkan produktifitas kinerja sesuai dengan porsi masing-masing.
  3. Menyelesaikan tertib manajemen (putusan) perkara.

Parluhutan, S.H menyampaikan bahwa administrasi Manajemen, Kepaniteraan dan Kesekretariatan sudah BAIK menuju kesempurnaan dan sesuai dengan instrument Binwas tahun 2018 yang mengacu pada Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM), namun tidak dapat dipungkiri bahwa masih ada temuan kecil dalam pelaksanaan Binwas tahun 2018.

Akhirnya, ekspose ditutup sekitar pukul 12.00 Wib oleh Ketua PA. Balige dengan tekat untuk memperbaiki temuan yang ada pada tahun ini demi penyempurnaan di tahun yang akan datang. (#mzmp)