PA Balige (16/04/2018) pukul 14.30 WIB
Undang-Undang ASN mengatur, bahwa setiap CPNS yang lolos penjaringan wajib menjalani masa percobaan yang dilaksanakan melalui proses Diklat terintegrasi untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karekter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang. Salah satu agenda Diklatsar CPNS Gpl. III Mahkamah Agung RI adalah habituasi yang dilaksanakan salah satunya di Pengadilan Agama Balige dimana para Cakim yang baru ditempatkan.
Sebelum melakukan habituasi, para Cakim tersebut membuat rancangan aktualisasi sebagai bentuk perencanaan (planning) sebelum mereka masuk ke dalam budaya kerja dunia peradilan.
Berdasarkan itulah, maka pada hari Selasa bertempat di Ruang Rapat Lt. II Pengadilan Agama Balige dilaksanakan acara Penyampaian Rancangan Aktualisasi Nilai-nilai Dasar Profesi PNS Cakim. Acara tersebut dihadiri oleh Ketua dan Wakil Ketua, para Hakim, Panitera, Sekretaris, Pejabat Fungsional dan Struktural, staf dan honorer Pengadilan Agama Balige
Cara Penyampaian Rancangan Aktualisasi Nilai-nilai Dasar Profesi PNS Cakim dibuka oleh Kepala Sub Bagian Umum dan Keuangan Amirul Haq, SHI, dengan membacakan Bismillahirrohmanirrohim.
Program kerja yang ditawarkan dan dipresentasikan oleh para calon hakim yaitu
 Ahmad Hidayat, S.H.I

Antara lain tentang = Isu Problematik
= Analisis Isu AKPK
= Analisis USG
= CORE ISU dan
= GAGASAN KEGIATAN PEMECAHAN ISU

 RIFAZUL AZDMI, S.H.I

Antara lain tentang = Analisis isu menggunakan AKPK
= CORE ISSUE
= Kegiatan yang dicanangkan untuk pemecah
Issue

Presentasi kedua CAKIM tersebut mendapatkan apresiasi dan respon yang positif dari seluruh pegawai PA Balige, mengingat program kerja menyentuh banyak hal yang menjadi indikator penilaian SAPM (Standar Akreditasi dan Penjaminan Mutu) yang akan dilaksanakan sekitar akhir April atau Awal Mei 2018. Artinya program kerja yang ditawarkan akan memberikan nilai tambah bagi standar penilaian jika program tersebut berhasil direalisasikan.

Semoga dengan adanya Rancangan Aktualisasi para Cakim tersebut dapat meningkatkan kualitas Pelayanan Publik pada Pengadilan Agama Balige.slh