Selasa 07 Februari 2017 PA. Balige melaksanakan Pembinaan Mental (BINTAL) di ruang Rapat Lantai II Gedung PA Balige. Sesuai jadwal yang telah ditentukan Bintal dibuka oleh Drs. Abd. Haris dan disampaikan oleh Wakil Ketua M. Shalahudin Hamdayani, SH., MA dengan thema “ Tujuan hidup “.

Tujuan hidup menjadi sangat penting artinya bagi setiap individu maupun kelompok. Setiap aksi yang dilakukan tentunya selalu terkait dengan tujuan tersebut. Tujuan hidup manusia adalah untuk meraih keridhaan Allah swt, hidup akan berakhir dengan 2 pilihan yaitu surga (tabsyir) dan neraka (tanzir). Oleh karena itu, untuk menuju surga  harus dengan keridhaan Allah SWT.

Al Qur’an menjelaskan bahwa sebagian manusia (orang kafir) menjadikan makan dan kesenangan yang lain sebagai tujuan hidupnya. Perhatikan firman Allah swt, “Dan orang-orang yang kafir itu bersenang-senang (di dunia) dan mereka makan seperti makannya binatang-binatang dan neraka adalah tempat tinggal mereka”, (QS Muhammad: 12).

Firman Allah lainnya mengatakan, “Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu : wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allah lah tempat kembali yang baik (syurga).

Hidup dengan kenikmatan di dunia hanya sesaat dan kenikmatan yang abadi ada di akhirat. Oleh karena itu, Kesenangan yang ada di dunia difilter oleh hati yang selalu diawasi Allah dari perbuatan keburukan, dengan keridhaan Allah kita dapat menggapai tujuan hidup yaitu hidup bahagia di dunia maupun di akhirat.