(Rabu, 25 Mei 2016) sekitar pukul 07.00 wib aparatur Pengadilan Agama Balige berkumpul di pelabuhan Balige menuju Kecamatan onan Runggu, Kabupaten Samosir untuk melaksanakan Sidang Keliling.

IMG_0073Sidang Keliling merupakan sidang pengadilan yang dilaksanakan di luar gedung pengadilan yang diperuntukan bagi masyarakat yang mengalami hambatan untuk datang ke kantor pengadilan karena alasan jarak, transportasi dan biaya. Hal ini sesuai dengan amanat Peraturan Mahkamah Agung RI (PERMA) Nomor 1 Tahun 2015.

Pelaksanaan Sidang Keliling di Kecamatan Onan Runggu sebelumnya sudah dikoordinasikan dengan Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Onan Runggu, perjalanan Sidang Keliling lebih kurang 1,5 jam dengan menggunakan kapal melewati danau toba.

Para pencari keadilan begitu antusias dalam mengikuti sidang keliling. Hal ini dibuktikan ketika aparatur PA. Baige sampai mendarat di Kecamatan Onan Runggu para pencari keadilan sudah berkumpul di Kantor Urusan Agama.

IMG_0009Pelaksanaan Sidang Keliling berjalan lancar dan tertib, terlihat wajah para pencari keadilan senang berseri-seri ketika permohonan dikabulkan oleh majelis hakim, dikarenakan mayoritas para pencari keadilan bermohon untuk itsbat nikah (penetapan nikah yang dilaksanakan pada masa lampau) yang pada akhirnya nanti Kantor Urusan Agama akan mengeluarkan akta nikah. Akta nikah merupakan akta otentik sebagai tanda keabsahan dari perkawinan dengan tujuan untuk tertib administrasi sebagai warga negara yang taat pada aturan. Terdapat 3 (tiga) akta yang sangat penting dalam perjalanan hidup seseorang yaitu Akta lahir, akta nikah dan akta kematian.

IMG_0029Akhirnya, pelaksanaan sidang keliling selesai dengan kepuasan dari para pencari keadilan dan kepuasan dari pencari keadilan tersebut juga merupakan kepuasan tersendiri bagi aparatur PA. Balige. Semoga pelayanan Sidang Keliling di Kecamatan Onan Runggu mendapatkan ridho dan keberkahan Alloh swt, apapun ceritanya, pelaksanaan sidang keliling ini atas izin Alloh swt. Allohumma Aamiin.. (zaki).