Kamis/ 19 mei 2016. Pengadilan Agama Balige kedatangan tamu dari PTA. Medan untuk melaksanakan Pengawasan dan Pembinaan (Wasbin), Wasbin di PA. Balige dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaitu pada tanggal 19 s/d 20 Mei 2016. Hal ini senada dengan lampiran surat Wakil Ketua PTA. Medan Nomor W2-A/1408/PS.00/IV/2016, pada bulan April 2016 tentang jadwal pengawasan.

IMG_9939Pelaksanaan Wasbin di PA. Balige berdasarkan surat tugas Nomor W2-A/1636/KP.04.6/V/2016 tanggal 04 Mei 2016 dengan susunan tim :

  1. H. Muhammad Shaleh, S.H.,M.Hum (Wakil Ketua PTA. Medan) sebagai Ketua tim.
  2. Masdarwiaty, M.A (Hakim Tinggi PTA. Medan)
  3. Zuhaira, S.H.,M.M (Panitera Pengganti PTA. Medan)
  4. Muhammad Syahrur Ramadhan,S.H.,M.H (Kepala Sub Bagian Tata Usaha Dan Rumah Tangga PTA. Medan)

Pada hari pertama pengawasan dilaksanakan dengan tertib pada setiap bidang (Administrasi Persidangan, Kepaniteraan dan Kesekretariatan) oleh masing-masing petugas dari tim Wasbin PTA. Medan.

IMG_9935Pelaksanaan ekspose dari hasil pengawasan dilaksanakan pada hari kedua, Ekspose dibuka langsung oleh Ketua PA. Balige Drs. Syarkasyi, M.H sekitar pukul 09.30 Wib di ruang sidang utama PA. Balige. Ucapan terimakasih kepada tim yang telah datang di PA. Balige dalam melaksanakan Wasbin untuk kemajuan PA. Balige.

Wakil Ketua PTA. Medan Dr. H. Muhammad Shaleh, S.H.,M.Hum dalam bimbingan dan arahananya menyampaikan bahwa pada prinsipnya pelaksanaan Administrasi Persidangan, Kepaniteraan dan Kesekretariatan sudah baik dan sesuai dengan aturan yang ada. Namun, tidak dapat dipungkuri masih terdapat temuan kecil yang harus diperbaiki.

“Kami tidak menemukan temuan yang besar, ibarat memancing di danau toba Kami hanya mendapatkan ikan-ikan kecil, ikan yang besar tidak Kami dapatkan. Kita manusia bukanlah malaikat yang tak luput dari lupa dan kesalahan, tapi janganlah menjadi syaithon”. Tambah Wakil Ketua PTA. Medan.

Di akhir bimbingan dan arahannya, Wakil Ketua PTA. Medan menyampaikan 4 kiat sukses khususnya untuk pribadi dan pada umumnya untuk kesuksesan PA. Balige, ke-4 kiat sukses tersebut yaitu:

  1. Berdo’a kepada Allah sang maha pemberi rezki.
  2. Meningkatkan profesionalisme dalam bekerja.
  3. Meningkatkan Keahlian dalam bekerja (Skill)
  4. Menjaga moral yang baik.

rangkap

Akhirnya, ekspose ditutup sekitar pukul 11.30 Wib oleh Ketua PA. Balige dengan tekat untuk memperbaiki temuan yang ada pada tahun ini demi perubahan (inovasi) di tahun yang akan datang. (zaki)